S2 Pendidikan Ekonomi

Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi

 

 

PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN EKONOMI

PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

 

TERAKREDITASI B

Nomor: 1381/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2017

 

Gelar  : Magister Pendidikan/ M.Pd.

A. VISI

“ Mewujudkan program pendidikan ekonomi yang unggul dan berdaya saing serta membentuk nilai kemanusiaan dalam mengembangkan IPTEKS tahun 2025.”

B. MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan mengembangkan program pembelajaran ekonomi yang inovatif dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan karakter;
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan ekonomi yang mendukung pendidikan inovatif hingga melahirkan karya inovatif dan teruji serta memperoleh pengakuan secara nasional maupun international ;
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi pembelajaran  ekonomi melalui pengabdian pada masyarakat;
  4. Meningkatkan peran prodi dalam membangun jejaring kerjasama (networking) yang saling bersinergi dengan berbagai pihak baik di tingkat nasional maupun internasional.

C. TUJUAN

  1. Dihasilkannya lulusan Magister Pendidikan Ekonomi yang profesional dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan pembangunan ekonomi;
  2. Dihasilkannya produk-produk penelitian yang inovatif dibidang pendidikan ekonomi yang berkaitan dengan usaha meningkatkan kualitas pendidikan dan pembangunan ekonomi;
  3. Dihasilkannya produk-produk layanan keilmuan di bidangpendidikan ekonomi yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan dan pembangunan ekonomi.

D. PROFIL LULUSAN

  1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  2. Peneliti
  3. Praktisi

E. KOMPETENSI LULUSAN

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan atau teknologi informasi di dalam bidang ekonomi atau praktek profesionalnya hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, melalui riset ilmiah.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, dan atau teknologi, di bidang pendidikan ekonomi melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset/pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional. Sehingga, MPE PPS UNG sebagai program pendidikan ekonomi menyesuaikan standar kompetensinya dengan lebih mengarahkan pada penciptaan lulusan melalui pengembangan ilmu dan pembelajaran berbasis riset. Dengan demikian mahasiswa menguasai pengetahuan dalam bidang pendidikan ekonomi, serta perkembangan keilmuan berdasarkan hasil riset mutakhir. Mahasiswa juga menguasai metode riset yang menunjang kemampuannya sebagai lulusan untuk terus melakukan pengembangan ilmu di bidang pendidikan ekonomi lebih lanjut melalui aktivitas penelitian.

F. KODE MATA KULIAH BERDASARKAN KKNI

Struktur Kurikulum Program Studi Mgister Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2020/2021

Distribusi Mata Kuliah Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi

1.  DESKRIPSI MATA KULIAH

Filsafat Ilmu (GAK-8-01-1-2/2 SKS)

Melakukan pengkajian tentang perkembangan ilmu, filsafat ilmu pengetahuan, interrelasi antar cabang ilmu dalam hubungannya dengan agama, ideologi, ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Pengkajian lebih dititiberatkan ada bidang filsafat pendidikan ekonomi serta penerapannya dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah.

 

Metodologi Penelitian Pendidikan ( GAK-8-02-1-3/3 SKS)

Kajian kritis dan aplikatif berbagai ragam pendekatan, metode, dan teknik penelitian kuantitatif , kuantitatif dan  penelitian tindakan yang berkembang dewasa ini, dan aplikasinya dalam konteks perbaikan dan pengembangan pendidikan/pembelajaran ekonomi.

 

Statistika Pendidikan ( GAK-8-03-1-3/3 SKS)

Kajian ktiris dan aplikatif teori, metode, dan teknik statistika dalam rangka pengujian hipotesis dan/atau model perbaikan dan pengembangan pembelajaran ekonomi.

 

Teknopreneurship (GAK-8-04-1-2/2 SKS)

Kajian kritis tentang konsepdan teori pendidikan secara umum mulai dari pengertian pendidikan dan pengajaran, tujuan pendidikan, pendidik, pandangan pakar tentang ilmu pendidikan, life long education, bakat, dan lingkungan pendidikan.

 

Psikologi Pendidikan ( GAK-8-05-1-2/2 SKS)

Kajian kritis terhadap keterkaitan psikologi pendidikan dan dengan mengajar, teori pertumbuhan dan perkembangan manusia, teori belajar, pandangan behaviorisme dan konstruktivisme serta aplikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, hambatan dan kemungkinan penanggulangannya dalam pembelajaran pendidikan ekonomi.

 

Analisis Pengembangan Kurikulum Pendidikan Ekonomi (GAK-8-06-1-3/3 SKS)

Kajian kritis dan konstruktif kurikulum pendidikan ekonomi yang dirumuskan dalam mata pelajaran Ekonomi, dan perangkat pembelajarannya (Silabus, RPP, LKS, Modul/Paket, dll.), untuk perancangan pembelajaran ekonomi yang memiliki karakteristik: (a) bermakna (meaningful learning), (b) tepat-guna (appropriate), dan (c) berhasil-guna (efektif), yang mengarah pada pencapaian tujuan mata pelajaran ekonomi.

 

Pengembangan Perangkat dan Praktek Pembelajaran Ekonomi (GAK-8-07-2-3/3 SKS)

Kajian kritis dan konstruktif penyusunan rancangan pembelajaran ekonomi yang dikembangkan dari hasil kajian pada matakuliah Kurikulum Pendidikan Ekonomi. Rancangan pembelajaran ekonomi dikemas ke dalam satu model/paket untuk satu materi yang tercakup dalam KI dan KD yang menjadi pilihan mahasiswa secara individual. Kemasan ini selanjutnyadipraktikkan dalam matakuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi.

 

Assesment dan Evaluasi Pembelajaran Ekonomi (GAK-8-08-3-3/3 SKS)

Kajian kritis terhadap konsep assesmen dan evaluasi serta penerapannya dalam pembelajaran pendidikan ekonomi, yang mencakup konsep dasar, jenis assesmen, merencanakan dan mengembangkan assesmen, assesmen alternatif, validitas dan reliabilitas, interpretasi hasil assesmen serta pemanfaatannya dalam pembelajaran pendidikan ekonomi.

 

Teori Ekonomi Mikro (GAK-8-09-2-3/3 SKS)

Pendalaman substansi materi ekonomi makro menengah(intermediate macroeconomics) untuk menganalisis kondisi dan perilakuekonomi makro yang dinamis (dynamic macroeconomics) dan implikasipraktisnya bagi kepentingan pengayaan pembelajaran ekonomi.

 

Teori Ekonomi Makro (GAK-8-10-2-3/3 SKS)

Pendalaman substansi materi ekonomi mikro menengah(intermediate microeconomics) untuk menganalisis kondisi dan perilakuekonomi mikro yang dinamis (dynamic microeconomics) dan implikasipraktisnya bagi kepentingan pengayaan pembelajaran ekonomi.

 

Akuntansi Keuangan Lanjutan  (GAK-8-11-3-3/3 SKS)

Pendalaman substansi materi menengah (intermediate accountancy) untuk menganalisis kondisi dan prosedur akuntansi yang dinamisdan implikasipraktisnya bagi kepentingan pengayaan pembelajaran ekonomi.

 

Perekonomian Indonesia*) (GAK-8-12-3-3/3 SKS)

Kajian kritis situasi dan kondisi perekonomian Indonesia dari perspektif kebijakan (moneter, fiskal, dan pembangunan ekonomi), dan implikasi logis serta dampaknya bagi pembelajaran ekonomi di Indonesia.

 

Ekonomi Internasional ( GAK-8-13-3-3/3 SKS)

Kajian kritis situasi dan kondisi perekonomian internasional dari perspektif kebijakan (moneter, fiskal, dan pembangunan ekonomi), posisi dan peran perekonomian Indonesia dalam perekonomian Internasional, dan implikasi logis serta dampaknya bagi pembelajaran ekonomi di Indonesia.

 

Ekonomi Moneter (GAK-8-14-3-3/3 SKS)

Pendalaman substansi materi ekonomi moneter (monetary economic) tentang kebijakan ekonomi moneter nasional & internasional, dan implikasi praktisnya bagi kepentingan pengayaan pembelajaran ekonomi.

 

Ekonomi Syariah (GAK-8-15-3-3/3 SKS)

Kajian kritis situasi dan kondisi penataan administrasi kantor, administrasi bisnis dan implikasi logis bagi pembelajaran administrasi perkantoran dan administrasi bisnis.

 

Seminar Persiapan Usulan Tesis (GAK-8-16-2-1/1 SKS)

Kajian kritis terhadap penyusunan usulan tesis bidang pendidikan ekonomi baik dalam kuantitatif, kualitatif maupun penelitian tindakan. Kajian ini diarahkan untuk dapat menghasilkan draft usulan tesis bagi setiap mahasiswa.

 

Tesis (GAK-8-14-0-6/6 SKS)

Kajian terhadap penulisan karya ilmiah secara mandiri melalui hasil penelitian di bidang Pendidikan Ekonomi. Penyusunan tesis dilakukan sesuai ketentuan yang diatur dalam pedoman penulisan karya ilmiah. Tesis wajib dipertanggungjawabkan dihadapan dewan penguji dalam suatu forum ilmiah.

TENAGA PENGAJAR

BIAYA PENDIDIKAN

Pendaftaran Rp. 500.000,-
SPP/Semester Rp. 7.000.000,
   

 

WAKTU PENDAFTARAN:

Semester Ganjil : Mei s.d. Juli setiap tahunnya

 

UNSUR PIMPINAN

 

 

 

TEMPAT PENDAFTARAN

Gedung Pascasarjana

Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jend Sudirman No. 6

Telp. (0435) 831984

Fax (0435) 827690

Informasi Lengkap Hubungi:

Dr. Heldi Vany Alam, M.Si (0852 4054 2490

Sri Susanti Said (0823 4871 6523)

Agenda

4 - 7 Juli 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor LAMDIK Prof. Dr. Dedy Achmad Kurniady, M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Ansar M.Si (Universitas Negeri Makassar) 4 s.d 7 Juli 2024

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo