Program Studi S2 Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo kembali mencatatkan prestasi membanggakan pada tahun 2025. Salah satu tim yang terdiri atas dosen dan mahasiswa berhasil meraih pendanaan hibah penelitian dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) melalui skema Penelitian Dosen Pascsarjana (PDP). Penelitian ini dipimpin oleh Prof. Dr. Lukman A. R. Laliyo, M.Pd., MM sebagai ketua peneliti, dengan anggota Prof. Dr. Astin P. Lukum, M.Si, dan melibatkan mahasiswa aktif Program Studi S2 Pendidikan Kimia, Yeyen Apriani Katili. Judul penelitian yang diajukan adalah “Pendekatan Analitik Pola Respon Item Diagnostik Pilihan Ganda Kompleks untuk Mengevaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Struktur Atom Siswa”, yang mengangkat isu strategis dalam pembelajaran kimia, khususnya terkait asesmen kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep-konsep mikroskopik dan abstrak seperti struktur atom.
Gambar: Prof. Dr. Lukman A. R. Laliyo, M.Pd., MM tengah berdiskusi intens bersama tim peneliti dan mahasiswa S2 Pendidikan Kimia UNG dalam rangka persiapan implementasi instrumen asesmen berpikir kritis berbasis Rasch pada beberapa sekolah mitra di Gorontalo.
Prof. Dr. Lukman A. R. Laliyo, M.Pd., MM tengah berdiskusi intens bersama tim peneliti dan mahasiswa S2 Pendidikan Kimia UNG dalam rangka persiapan implementasi instrumen asesmen berpikir kritis berbasis Rasch pada salah satu sekolah mitra di Gorontalo.
Penelitian ini mengusung pendekatan inovatif melalui pengembangan instrumen asesmen berbasis pilihan ganda kompleks tiga tingkat (three-tier multiple choice) yang dianalisis dengan pemodelan Rasch. Tujuannya adalah untuk menghasilkan alat ukur yang tidak hanya valid dan reliabel, tetapi juga mampu mendiagnosis pola miskonsepsi siswa serta memetakan kemampuan berpikir kritis mereka secara komprehensif. Pendekatan ini memungkinkan guru dan peneliti memahami secara lebih mendalam proses kognitif siswa melalui analisis respon, alasan, dan tingkat keyakinan terhadap setiap item soal. Hasil akhir dari penelitian ini dirancang untuk menghasilkan luaran berupa publikasi pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 1–2, dan internasional terindeks scopus serta instrumen asesmen berpikir kritis yang dapat digunakan secara luas dalam konteks pendidikan kimia di sekolah menengah.
Keberhasilan tim dosen dan mahasiswa dalam meraih hibah penelitian ini menunjukkan komitmen kuat Pascasarjana UNG dalam membangun ekosistem riset kolaboratif yang relevan dan berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini diharapkan tidak hanya menjadi kontribusi akademik, tetapi juga memberikan dampak praktis dalam mendukung strategi pembelajaran abad ke-21 yang lebih kontekstual, kritis, dan berbasis data.
Akreditasi Program Magister Ilmu Kelautan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor LAMSAMA Prof. Dr. Sri Puji Astuti Wahyuningsih, M.Si (Universitas Airlangga) dan Prof. Dr. Dewi Hidayati, M.Si (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) 23 s.d 26 April 2025
Akreditasi Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor LAMDIK Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd (Universitas Negeri Malang) dan Dr. Duden Saepuzaman, M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia) 17 s.d 18 Maret 2025
Re-Akreditasi Program Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor LAM-PTKes Prof. Dr. dr. Chatarina U Wahyuni, M.S., M.P.H (Universitas Airlangga) dan Dr. Fridawaty Rivai, SKM., M.Kes (Universitas Hasanuddin) 11 s.d 13 Februari 2025
Akreditasi Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor LAMDIK Prof. Dr. Dedy Achmad Kurniady, M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Ansar M.Si (Universitas Negeri Makassar) 4 s.d 7 Juli 2024