S3 Administrasi Publik

A. VISI

“Menjadi Program Studi yang Unggul dan Progresif dalam Pengembangan Kebudayaan Berbasis Potensi Regional di Kawasan Asia Tenggara pada Tahun 2035”

B. MISI

Program Doktor Administrasi Publik Pascasarjana UNG mengemban Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan berdaya saing dalam mengembangkan dan menerapkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan seni dalam kerangka pengembangan kebudayaan berbasis potensi regional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang unggul dan berdaya saing yang terpublikasikan secara regional, nasional maupun di kawasan Asia Tenggara.
  3. Menyelenggrakan kegiatan pengabdian masyarakat yang unggul dan berdaya saing dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.
  4. Menyelenggarakan Kemitraan yang unggul dan berdaya saing melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian, pada masyarakat yang memiliki kompetensi dosen, mahasiswa, dan alumni program Doktor Administrasi Publik yang unggul dan berdaya saing dalam bidang inovasi kebijakan dan pelayanan public.

C. CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM DOKTOR ILMU ADMINISTRASI PASCASARJANA UNG

SIKAP
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang
PENGETAHUAN
  1. Menguasai filosofi ilmu dan keilmuan dalam administrasi publik
  2. Menguasai filosofi teori reformasi administrasi, organisasi, governansi publik, kebijakan publik, manajemen publik, manajemen stratejik, serta manajemen perubahan dan pemecahan masalah.
  3. Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kombinasi.
KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Mampu mendesain konsep model, strategi, atau inovasi dalam bidang kebijakan publik dan tata kelola sektor publik.
  2. bMampu mengembangkan pengetahuan dalam bidang ilmu administrasi publik melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji
  3. cMampu menyusun rencana strategi implementasi sebuah kebijakan publik baik dalam jangka menengah (berupa peta jalan/roadmap) maupun jangka panjang (berupa disain besar/grand design)
  4. Mampu mendisain sistem monitoring dan evaluasi kebijakan publik untuk mengetahui hasil (outcome) dan dampak (impact) dari sebuah kebijakan.
  5. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dalam bidang administrasi publik dengan menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, campuran, atau berpikir sistem serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
  6. Mampu menyusun dan melaksanakan rencana perubahan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan metode dalam perspektif governansi publik.
  7. Mampu memecahkan permasalahan dalam bidang administrasi publik melalui pendekatan inter, multi atau transdisipliner
KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasanilmiah baru memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen padabidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, serta memublikasikan 2 tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional terindeks;
  3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melaluipendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal;
  4. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
  5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;
  6. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  7. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerja sama dengan komunitas peneliti di luar lembaga.

D. KURIKULUM

No. Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. GAS90113 1. Filsafat & Rekonstruksi Ilmu Administrasi 3
  GAS90213 2. Metodologi Penelitian Ilmu Administrasi 3
  GAS90313 3. Statistika Sosial 3
    Sub total 9
2. Matakuliah Program Studi (Inti)    
  GAS90113 1. Analisis Kebijakan Publik 3
  GAS90213 2. Teori Administrasi Publik 3
  GAS90313 3. Manajemen Pelayanan Publik 3
  GAS90413 4. Birokrasi Pemerintah Daerah 3
    Sub Total MK Prodi 12
3. Matakuliah Pilihan    
  GAS90513 1. Patologi Birokrasi 3
  GAS90613 2. Reformasi Kebijakan Publik 3
  GAS90713 3. Adm. Pemerintahan Daerah 3
  GAS90813 4. Kapita Selekta Manajemen Pemda 3
  GAS90913 5. Pengambilan Keputusan Stratejik 3
  GAS91013 6. Manajemen Pembangunan Daerah 3
  GAS91113 7. Manajemen Keuangan Daerah 3
  GAS91213 8. Manajemen Perpajakan 3
  GAS91313 9. Etika & Perilku Birokrasi 3
    Subtotal MK Pilihan 6
  Matakuliah Program Studi bagi yang tidak sebidang    
  GAS91423 1. Evaluasi Kebijakan Publik 3
  GAS91523 2. Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik 3
    Subtotal MK 6
  GAS916326 Disertasi 26
    1. Seminar Proposal 5
    2. Seminar Kelayakan Hasil 5
    3. Ujian Tertutup 6
    4. Promosi Doktor 10
    Total SKS Sebidang 53
    Total SKS Tidak Sebidang 59

E. STAF PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si.
  2. Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si.
  3. Prof. Dr. Ansar Made, M.SI.
  4. Prof. Dr. Rauf Hattu, M.Si.
  5. Dr. Rosman Ilato, M.Pd.
  6. Dr. Zuchri Abdussamad, S.I.K, M.Si.
  7. Dr. Yanti Aneta, S.Pd.,M.Si.
  8. Dr. Juriko Abdussamad, M.Si.
  9. Dr. Sukarman Kamuli, M.SI.
  10. Dr. Sastro Wantu, M.Si

F. BIAYA PENDIDIKAN

Biaya Pendaftaran S3 Rp.1.000.000
Biaya SPP/UKT Rp.10.000.000

 

G. WAKTU PENDAFTARAN

Semester Ganjil : Mei s.d. Juli setiap tahun

 

H. PIMPINAN

Direktur :Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si
Wakil Direktur I :Dr. Ir. Hasim, M.Si
Wakil Direktur II :Prof. Dr. Weny J.A. Musa, M.Si.
Ketua Prodi :Dr. Yanti Aneta, S.Pd., M.Si.

 

INFORMASI LENGKAP HUBUNGI:

Ketua Program Studi : Dr. Yanti Aneta, S.Pd., M.Si 

(0811 4390 095)

Operator Prodi, Helvi Endri Khilda, S.Kom

(0821 9714 2984)

Agenda

8 - 9 Maret 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Studi Doktor Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Oleh Tim Asesor LAMDIK Prof.Dr. Wahono Widodo, M.Si. (Universitas Negeri Surabaya) dan Prof. Dr. Woro Sumarni, M.Si. (Universitas Negeri Semarang)

6 Februari 2024

BIMTEK TTE

Sosialisasi Penerapan Surat Elektronik di Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

18 Agustus 2023

Pelatihan Penggunaan Sistim Informasi Akademik Terpadu (SIAT)

Panduan Pengambilan Kartu Rencana Studi (KRS) untuk mahasiswa baru Program Magister dan Doktor

1 - 7 Agustus 2023

Pendafataran Mahasiswa Baru Gelombang 4 Tahun Akademik 2023/2024

Pendafataran Mahasiswa Baru Gelombang 4 Tahun Akademik 2023/2024 Telah Dibuka