S2 Administrasi Publik

Program Studi S2 Administrasi Publik

A. VISI

Menjadi Program Magister Ilmu Administrasi yang Terdepan dalam pengembangan Kebudayaan dan Inovasi berbasis potensi regional di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2035.

Visi tersebut dijabarkan lagi menjadi:

  1. Menjadi Program Magister Ilmu Administrasi yang Terdepan dalam pengembangan Kebudayaan dan Inovasi berbasis potensi regional di kawasan Sulawesi pada tahun 2020;
  2. Menjadi Program Magister Ilmu Administrasi yang Terdepan dalam pengembangan Kebudayaan dan Inovasi berbasis potensi regional di kawasan Indonesia Timur pada tahun 2025;
  3. Menjadi Program Magister Ilmu Administrasi yang Terdepan dalam pengembangan Kebudayaan dan Inovasi berbasis potensi regional di kawasan Indonesia pada tahun 2030;
  4. Menjadi Program Magister Ilmu Administrasi yang Terdepan dalam pengembangan Kebudayaan dan Inovasi berbasis potensi regional di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2035

B. MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran professional dan inovatif yang lebih akseleratif dalam rangka pengembangan dan percepatan kualitas akademik dalam bidang Ilmu Administrasi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Ilmu Administrasi yang berkualitas dan terpublikasi pada Jurnal Nasional Terakreditasi dan Jurnal Internasional terindeks;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Ilmu Administrasi yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan nyata di masyarakat;
  4. Menyelenggarakan kemitraan yang professional dan berkelanjutan, baik dengan Perguruan Tinggi dalam negeri dan luar negeri maupun dengan pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi di bidang Ilmu Administrasi.

C. SISTEM PERKULIAHAN DAN BIDANG KAJIAN UTAMA

Program Magister Ilmu Administrasi melaksanakan system perkuliahan sebagai internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, pengetahuan praktis, keterampilan, afeksi, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian khususnya dalam bidang Ilmu Administrasi, sehingga akan mampu menjadi seorang Magister yang berkompeten dalam bidang Ilmu Administrasi yang dikonsentrasikan pada 4 (empat) Bidang Kajian Utama (BKU) yakni:

  1. BKU Administrasi dan Kebijakan Publik, Kemampuan dan keahlian yang berorientasi pada tingkatan analisis kebijakan publik baik pada dimensi formulasi kebijakan, implementasi kebijakan maupun evaluasi kebijakan publik.
  2. BKU Administrasi Pemerintahan Daerah, Kemampuan dan keahlian yang berorientasi pada tingkatan analisis kebijakan pemerintahan daerah dan kualitas pelayanan publik serta reformasi birokrasi.
  3. BKU Administrasi Keuangan Daerah, Kemampuan dan keahlian yang berorientasi pada tingkatan analisis potensi keuangan daerah, regulasi dan reformasi tata kelola keuangan daerah.
  4. BKU Administrasi Perpajakan, Kemampuan dan keahlian yang berorientasi pada tingkatan analisis kebijakan dan reformasi tata kelola perpajakan dan retribusi daerah.

D. STRUKTUR KURIKULUM DAN KOMPONEN MATA KULIAH

SEMESTER I

  1. Filsafat Ilmu Administrasi (3 SKS)
  2. Analisis Kebijakan Publik (3 SKS)
  3. Metode Penelitian Administrasi (3 SKS)
  4. Teori Administrasi Publik (3 SKS)
  5. Budaya dan Perilaku Birokrasi (3 SKS)
  6. Teori Kepemimpinan (3 SKS)

SEMESTER II

  1. Evaluasi Kebijakan Publik (3 SKS)
  2. Statistik Sosial(2 SKS)
  3. Kapita Selekta Manajemen Pemerintahan Daerah (3 SKS)

BKU Administrasi Kebijakan Publik (9 SKS)

  1. Formulasi Kebijakan Publik (3 SKS)
  2. Implementasi Kebijakan Publik (3 SKS)
  3. Metode Riset Kebijakan Publik (3 SKS)

BKU Administrasi Pemerintahan Daerah (9 SKS)

  1. Analisis Isu Kebijakan Pemerintah Daerah (3 SKS)
  2. Analisis Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik (3 SKS)
  3. Metode Riset Administrasi Pemerintahan Daerah (3 SKS)

BKU Administrasi Keuangan Daerah (9 SKS)

  1. Analisis Regulasi Keuangan Nasional dan Daerah (3 SKS)
  2. Manajemen Keuangan Daerah (3 SKS)
  3. Metode Riset Keuangan Daerah (3 SKS)

BKU Administrasi Perpajakan (9 SKS)

  1. Kajian Hukum dan UU Perpajakan (3 SKS)
  2. Perpajakan dan Retribusi Daerah (3 SKS)
  3. Metode Riset Perpajakan (3 SKS)

SEMESTER III DAN IV

  1. Penelitian dan Penulisan Tesis (6 SKS)

GELAR AKADEMIK : M.Si

E. STAF PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si
  2. Prof. Dr. Ansar Made, M.Si
  3. Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si
  4. Prof. Dr. Rauf A. Hatu, M.Si
  5. Prof. Dr.Ir.Syarwani Canon, M.Si
  6. Dr. Rosman Ilato, M.Pd
  7. Dr. Walidun Husain, M.Si
  8. Dr. Zuchri Abdussamad, M.Si
  9. Dr. Ismet Sulila, M.Si
  10. Dr. Irawati Igirisa, M.Si
  11. Dr. Yanti Aneta, M.Si
  12. Dr. Juriko Abdussamad, M.Si
  13. Dr. Hanisah Hanapi, M.Si

F. BIAYA PENDIDIKAN

Pendaftaran Rp. 500.000,-
SPP/ Semester Rp. 8.000.000.-

 

G. WAKTU PENDAFTARAN:

Mei s.d. Juli setiap tahun

 

H. PIMPINAN

Direktur : Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si
Wadir I : Dr. Ir. Hasim, M.Si
Wadir II : Prof. Dr. Dra. Weny J.A. Musa, M.Si
KPS : Dr. Rosman Ilato, M.Pd

 

TEMPAT PENDAFTARAN

Gedung Pascasarjana

Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jend Sudirman No. 6

Telp. (0435) 831984

Fax (0435) 827690

INFORMASI LENGKAP HUBUNGI:

Sri Susanti Said (0823 4871 6523)

Agenda

6 Februari 2024

BIMTEK TTE

Sosialisasi Penerapan Surat Elektronik di Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

18 Agustus 2023

Pelatihan Penggunaan Sistim Informasi Akademik Terpadu (SIAT)

Panduan Pengambilan Kartu Rencana Studi (KRS) untuk mahasiswa baru Program Magister dan Doktor

1 - 7 Agustus 2023

Pendafataran Mahasiswa Baru Gelombang 4 Tahun Akademik 2023/2024

Pendafataran Mahasiswa Baru Gelombang 4 Tahun Akademik 2023/2024 Telah Dibuka

2 Juli 2023

Ramah Tamah Pascasarjana

Ramah Tamah Dalam Rangka Wisuda Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Waktu 09.00 Wita Bertempat di Ball Room TC. Hotel Damhil UNG