S2 Administrasi Pendidikan

PROGRAM STUDI S2 ADMINISTRASI PENDIDIKAN

 IDENTITAS PROGRAM STUDI

 

A. LATAR BELAKANG BERDIRINYA PRODI, SK PENDIRIANNYA DAN PERKEMBANGANNYA

Program Studi  Magister Administrasi Pendidikan (PSMAP) resmi beroperasi pada tahun ajaran 2009/2010 melalui surat Ditjen Dikti Nomor 2844/D/2001. PSMAP memiliki ijin operasional melalui SK Rektor Nomor 11085/D/T/K-N/2012 tanggal 16 Maret 2012. Kekuatan utama yang dimiliki oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (PSMAP) adalah visinya untuk menjadi program studi terdepan dalam mewujudkan pemimpin, perencana, pengelola, dan pengawas yang berkarakter tangguh, inovatif, dan kompetitif di kawasan regional pada tahun 2035”. Untuk mencapai visi ini telah dilakukan berbagai inovasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan meliputi kajian keilmuan secara komprehensif, penerapannya dilakukan dalam bentuk pelatihan-pelatihan dan penyebarannya dilakukan melalui jurnal-jurnal ilmiah dan kegiatan-kegiatan ilmiah.

Mekanisme pemilihan kepemimpinan di program studi magister Administrasi Pendidikan dengan menggunakan sistem demokratis dengan cara musayawarah mufakat. Secara struktur kepemimpinan di Prodi Magister Administrasi Pendidikan hingga tahun 2022 sudah tiga kali mengalami pergantian kepemimpinan (Kaprodi) yang: (1) Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd sebagai kaprodi pertama dengan masa jabatan dari tahun 2010 s/d 2014 dengan SK Nomor: 1605/H47.A2/KP/2010, (2) Dr. Arfan Arsyad, M.Pd dengan masa jabatan 2014 s/d 2018, dengan SK Nomor: 811/UN47/KP/2018, (3) Dr. Arifin Suking, M.Pd dengan masa jabatan 2019 s/d 2023, dengan  SK Nomor: 861/UN47/KP/2019. Jumlah dosen tetap dalam program studi berjumlah 15 orang dosen. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (PSMAP) didukung oleh dosen yang professional dalam bidangnya dan fasilitas pendidikan yang dimiliki sangat memadai sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara baik.

Sistem jaminan mutu juga sangat mendukung pengelolaan Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (PSMAP). Penjaminan mutu tingkat Universitas (LP3M) dan Gugus Kendali Mutu (GKM) pada tingkat Pascasarjana telah berjalan sesuai dengan tupoksinya yang berdampak langsung pada mutu pengelolaan Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (PSMAP).

Kebijakan pemerintah khususnya Permendikbud No. 24 Tahun 2008 tentang Tenaga Administrasi Sekolah (TAS), Permendiknas nomor 12 tahun 2010 tentang standar Kompetensi Kepala Sekolah, Permendiknas nomor 13 tahun 2010 tentang standar Kompetensi Pengawas merupakan peluang dan berdampak pada animo masyarakat untuk menjadi mahasiswa Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (PSMAP). Di samping itu program kemitraan dan kerjasama yang dijalin selama ini memberikan peluang dalam rangka mengembangkan Program Studi Magister Administrasi Pendidikan (PSMAP) sebagai program studi unggul yang memiliki daya saing tinggi baik ditingkat nasional maupun ditingkat regional Asia Tenggara.

B. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN 

 

 

C. KEPEMIMPINAN

Secara struktur penggantian pimpinan di Prodi Magister Administrasi Pendidikan sudah mengalami 3 kali pergantian yakni;

  1. Prof Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd  dengan masa jabatan 2010 s/d 2014
  2. Dr. Arfan Arsyad, M.Pd dengan masa jabatan 2014 s/d 2019 dan
  3. Dr. Arifin Suking, M.Pd dengan masa jabatan 2019 s/d 2023

KURIKULUM

A. PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Prodi S2 Adminstrasi Pendidikan adalah menjadi (1) Supervisor/Pengawas Pendidikan, (2) Kepala sekolah/madrasah, (3) Manajer/Administrator pendidikan tingkat kabupaten/kota dan satuan pendidikan, (4) Perencana dan pengembang program pendidikan, (5) Konsultan bidang manajemen/ kepengawasan/ perencanaan pendidikan, (6) Peneliti dan (7) Pendidik (dosen)

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

C. KURIKULUM DAN SEBARAN MATA KULIAH

D. DESKRIPSI MATA KULIAH

1. Filsafat IImu Administrasi Pendidikan (2 sks)

Membahas dan mengkaji filsafat sebagai upaya membangun kerangka pikir ilmiah yang universal dalam bidang pendidikan. Membahas tentang dasar-dasar pengetahuan, dasar-dasar ilmiah serta aplikasinya dalam manajemen pendidikan.

2. Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan (3 sks)

Membahas dan mengkaji metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan gabungan serta bagaimana menerapkannya dalam penelitian manajemen pendidikan. Dan membahas berbagai pendekatan, rancangan, analisis penelitian baik kualitatif dan kuantitatif

3. Statistika Pendidikan (3 sks)

Membahas dan mengkaji konsep, proses dan aplikasi statistika dalam penelitian manajemen pendidikan. Membahas analisis statistika digunakan dalam rangka memahami masalah-masalah kependidikan baik dari data, tabulasi serta analisis inferensial.

4. Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan Pendidikan (2 sks)

Membahas dan mengaplikasikan software MS Office, informasi dan komunikasi pendidikan berbasis ICT dan mempraktikkan bagaimana teknologi informasi dalam manajemen pendidikan dengan pendekatan sistem informasi manajemen. Mebahas tentang pola pendekatan SIM Lembaga pendidikan untuk mendukung peningkatan mutu terpadu dalam pengelolaan pembelajaran di sekolah

5. Teori Manajemen Pendidikan (3 sks)

Membahas dan mengkaji teori-teori manajemen pendidikan dalam konteks pengembangan, inovasi dan keefektifan proses pendidikan dalam sistem manajemen mutu terpadu untuk meningkatkan mutu pendidikan. Membahas dan mengkaji perkembangan sistem manajemen kontemporer dalam meningkatkan mutu pendidikan baik di tingkat unit sekolah, dinas dan pusat.

6. Pembinaan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (2 sks)

Membahas dan mengkaji konsep dasar profesi dan profesi pendidik dan tenaga kependidikan, kode etik profesi, kualifikasi dan standar konpetensi guru, kualifikasi dan standar kompetensi pengawas pendidikan, kualifikasi dan standar kompetensi kepala sekolah, kualifikasi dan standar kompetensi tenaga konselor sekolah, serta kualifikasi dan standar kompetensi tenaga administrasi sekolah.

7. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (3 sks)

Melakukan kajian mengenai keefektifan pola prilaku kepemimpinan dan organisasi dalam penyelenggaran dan pelaksanaan pendidikan. Pengkajian di arahkan pada nilai dasar dan moralitas kepemimpinan, teori dan asumsi dalam memotivasi kerja serta meningkatkan keefektifan organisasi, Fungsi dan peranan kepemimpinan, serta strategi dan taktik dalam memimpin organisasi pendidikan.

8. Analisis Kebijakan Pendidikan dan Pengambilan Keputusan (2 sks)

Membahas dan mengkaji landasan dan pendekatan pengembangan kebijakan pendidikan serta keterkaitanya dengan perencanaan dan pelaksanaan pendidikan dalam sistem persekolahan dalam konteks perundang-undangan dan sosial politik. Mengkaji tentang berbagai kebijakan pendidikan baik di tingkat dinas/ daerah, propinsi, nasional dan intemasional serta pengaruhnya terhadap pelaksanaan pendidikan. Mengkaji tipe-tipe keputusan, proses pembuatan keputusan serta gaya dan pendekatan-pendekatan keputusan.

9. Perencanaan Pendidikan (2 sks)

Membahas konsep dan prinsip perencanaan pendidikan sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik perencanaan didalam system pendidikan nasional, pengembangan desain dan pendekatan perencanaan, proses penetapan dan pelaksanaan rencana, teknik perencanaan pendidikan, perencanaan tenaga pendidik, perencanaan pembiayaan pendidikan, model perencanaan stratejik, perumusan dan analisis SWOT, serta evaluasi dan umpan balik perencanaan.

10. Manajemen Berbasis Sekolah (2 sks)

Mempelajari konsep dasar manajemen berbasis sekolah (MBS), MBS dan peningkatan mutu pendidikan, Model-Model MBS dan Implementasinya, peran stakekholders dalam implementasi MBS, pengembangan budaya sekolah dalam bingkai MBS, otonomi sekolah dalam pengembangan substansi manajemen sekolah mencakup; pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, pengelolaan peserta didik, pengelolaan ketenagaan, pengelolaan keuangan, pengelolaan fasilitas dan pengelolan hubungan sekolah dengan masyarakat serta kepemimpinan kepala sekolah dalam MBS.

11. Supervisi dan Evaluasi Program Pendidikan ( 3 sks)

Membahas tentang konsep perencanaan supervisi, perencanaan pengembangan kompetensi profesional pengawas, faktor-faktor penting dalam perencanaan supervisi, penyusunan program pengawas. Membahas tentang konsep dasar supervisi pendidikan, orientasi dan pandangan supervisi pendidikan, keterampilan dan teknik-teknik supervisi pendidikan, keterampilan supervisor pendidikan, Melakukan kajian evaluatif mengenai keefektifan program supervisi pengajaran, pemetaan kompetensi guru/staf, kriteria keberhasilan dan penilaian dalam supervisi, faktor-faktor penunjang dan kendala keefektifan supervisi, dan alternatif dan kebelanjutan program.

12. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (3 sks)

Membahas model perancangan dan pengembangan penataran dan latihan personil lembaga pendidikan dengan acuan CEM (Critical Events Model), dan TNA (training, need analysis). Pembahasan dan analisis mencakup identifikasi kebutuhan, penentuan tujuan, pengorganisasian kurikulum, seleksi strategi penyampaian dan sumber kurikulum, peranan system penunjang, serta pengelolaan dan pelaksanaan penataran dan latihan.

13. Manajemen Sumber Daya Manusia (2 sks)

Mempelajari konsep dasar sumber daya manusia, perencanaan sumber daya manusia, dan membahas altematif rekrutmen, seleksi, analisis jabatan dan beban kerja, penempatan, orientasi, penugasan, penghargaan, pembinaan, pengembangan, serta penilaian kinerja yang mengarah pada peningkatan kualitas personalia pendidikan.

14. Penulisan Karya Ilmiah Manajemen Pendidikan (2 sks)

Mengidentifikasi masalah-masalah manajemen pendidikan, memilih masalah yang menjadi fokus kajian, menulis karya ilmiah dalam bentuk proposal penelitian, dan melakukan diskusi dan seminar kelas di bawah bimbingan dan arahan dosen. Proposal penelitian yang dihasilkan diharapkan menjadi topik bahasan yang diajukan menjadi tesis.

15. Kajian Mandiri ( 3 sks)

Menanamkan sikap ilmiah mandiri yang dikembangkan dengan program yang direncanakan mahasiswa untuk memperdalam suatu topik dalam bidang studinya. Untuk menunjang kajian mandiri ini dosen menyediakan layanan konsultasi mengenai perencanaan umum: tujuan, materi, sumber belajar, evaluasi periodik dan akhir. Kajian mandiri terdiri dibagi dalam tiga spesialisasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu: (1) Kajian mandiri spesialisasi perencanaan, (2) Kajian mandiri spesialisasi pengelolaan, dan (3) Kajian mandiri spesialisasi kepengawasan.

16. Kuliah Kerja Lapangan (1 sks)

Melalui praktik pengalaman lapangan ini mahasiswa dapat menghubungkan teori dengan praktik pengalaman langsung yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merancang melaksanakan dan mengevaluasi manajemen pendidikan, supervisi dan kepemimpinan dalam berbagai latar (setting) kelembagaan/ kemasyarakatan tekanan lebih banyak mengenai aktualisasi perilaku kepemimpinan yang perlu diubah agar lebih meningkatkan penampilan dan unjuk kerja sebagai pemimpin pendidikan.

17. Tesis (6 sks)

Melalui penulisan tesis, mahasiswa dapat mengkaji teori dengan mengimplementasikan metode ilmiah yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merancang proposal, melakukan seminar proposal, seminar hasil penelitian dan ujian tesis. Dengan penulisan tesis mahasiswa diharapkan memiliki wawasan keilmuan dan keahlian di bidang manajemen pendidikan.

E. PIMPINAN

Direktur : Prof. Dr. Ir. Mahludin H. Baruwadi, M.P
Wakil Direktur I : Dr. Ir. Hasim, M.Si., CIQar
Wakil Direktur II : Prof. Dr. Weny J.A. Musa, M.Si.
Ketua Program Studi : Dr. Arifin Suking, S.Pd., M.Pd.

 

F. STATUS AKREDITASI

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 658/ SK/BAN-PT/Akred/M/IV/20I9 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pada Program Magister, Program Studi Administrasi Pendidikan dengan peringkat A.

 

INFORMASI LENGKAP HUBUNGI:

0813 5547 4814 (Dr. Arifin Suking, S.Pd., M.Pd.)

0823 9321 5552 (Ivna Indaria Yunisa M. Galib, S.P., M.Si)

 

Ingin maju dan berdaya saing„Bergabunglah Bersama Kami“

 

Agenda

6 Februari 2024

BIMTEK TTE

Sosialisasi Penerapan Surat Elektronik di Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

18 Agustus 2023

Pelatihan Penggunaan Sistim Informasi Akademik Terpadu (SIAT)

Panduan Pengambilan Kartu Rencana Studi (KRS) untuk mahasiswa baru Program Magister dan Doktor

1 - 7 Agustus 2023

Pendafataran Mahasiswa Baru Gelombang 4 Tahun Akademik 2023/2024

Pendafataran Mahasiswa Baru Gelombang 4 Tahun Akademik 2023/2024 Telah Dibuka

2 Juli 2023

Ramah Tamah Pascasarjana

Ramah Tamah Dalam Rangka Wisuda Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Waktu 09.00 Wita Bertempat di Ball Room TC. Hotel Damhil UNG