WEBINAR NASIONAL PROGRAM DOKTOR ADMINISTRASI PUBLIK PASCASARJANA UNG

Oleh: Evan Trisno Tulie . 2 Maret 2023 . 13:31:15

PASCASARJANA UNG 2023 - Tugas utama perguruan tinggi yaitu mengimplementasikan hasil penelitian yang sudah diperoleh atas dasar permasalahan yang terjadi di kehidupan sosial bermasyarakat. Hal demikian dilakukan untuk memenuhi Tridarma Perguruan tinggi dengan memiliki tujuan untuk penyebaran informasi secara akademik baik dipublikasikan dalam bentuk artikel/jurnal, prosiding, seminar nasional bahkan internasional. Selanjutnya fungsi publikasi karya ilmiah yaitu guna untuk memperoleh pengakuan bagi penulis atau mahasiswa yang sudah memaparkan hasil penelitian dikalangan publik seperti yang sudah dilakukan dalam kegiatan webinar nasional.

Adapun isu yang diangkat dalam pelaksanaan webinar nasional yaitu “Implementasi Kebijakan Penanggulangan Stunting” dimana isu ini sangat menarik untuk dibahas pada kalangan akademisi dengan melihat kebijakan yang sudah diterapkan oleh pemerintah Daerah. Adanya upaya yang sudah dilakukan guna untuk mencapai tujuan organisasi ataupun tujuan dari kebijakan yang dijalankan oleh pemerintahan itu sendiri. Adapun di Kabupaten Boalemo terdapat tiga pilar pencegahan stunting dimana teridiri dari gizi ibu hamil, makanan tambahan untuk bayi dan anak dan pantauan pertumbuhan.Kegiatan tersebut sangat berhubungan dengan keilmuan administrasi publik dimana kita bisa melihat bagaimana manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat umum. Selanjutnya dari segi kebijakan publik apakah bisa terlaksana sesuai dengan tujuan yang sudah ada atau justru sebaliknya masih terdapat kendala yang bisa menghambat proses pencapaian keberhasilan penanggulangan stunting.

Pelaksanaan kegiatan Webinar Nasional secara virtual dan luring ini diselenggarakan oleh Program Doktor Administrasi Publik Yang dibuka langsung oleh Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si selaku Direktur Pascasarjana UNG. Adapun kegiatan ini melibatkan pemateri yang handal dibidangnya yakni Kolonel Dr. Ir. Hikmat Zakky Almubaroq, S.Pd., M.Si., IPU (Dosen Universitas Pertahanan Nasional RI) dan Sutriyani Lumula, SST., M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolemo) dan Pembanding Dr. Yanti Aneta, S.Pd., M.Si, Prof. Dr. Rauf A. Hatu, M.Si, Dr. Rosman Ilato, M.Pd, Dr. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si. dan Moderator Kristian Mohamad Udoki, S.Pd., M.Si. adapun yang menjadi peserta kegiatan yakni Mahasiswa S1 Administrasi Publik, Mahasiswa S2 Administrasi Publik, Mahasiswa S3 Administrasi Publik dan Umum dari beberapa instansi pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo.

Agenda

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo

20 - 22 Maret 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Doktor Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor BAN-PT Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si (Universitas Padjadjaran) dan Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Universitas Sriwijaya)