Silaturahim dan Studi Pengelollan Akademik Koorprodi S2 Pendidikan Kimia UNG di UNY: Mempererat Kerjasama dan Meningkatkan Akademik

Oleh: Evan Trisno Tulie . 5 Januari 2024 . 21:26:44

Yogyakarta, 5 Januari 2024 – Prof. Dr. Akram la Kilo, M.Si., Koorprodi S2 Pendidikan Kimia Universitas Negeri Gorontalo (UNG), melakukan kunjungan silaturahim dan studi pengelolan akademik di Jurusan Kimia Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Acara yang berlangsung di ruang sidang 1 FMIPA UNY ini dihadiri oleh sejumlah tokoh akademik, termasuk Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si., Ketua Jurusan Pendidikan Kimia UNY, Dr. Retno Arianingrum, M.Si, dan Ketua Program Studi S2 Pendidikan Kimia UNY, Prof. Jaslin Ikhsan, M.AppSc., Ph.D., serta Prof. Dr. Suyanta dan Isti Yunita, Ph.D.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si., menyampaikan rasa syukur atas kunjungan dan studi dari Koorprodi S2 Pendidikan Kimia UNG. Beliau menekankan pentingnya kerjasama antar-program studi sebagai langkah bersama dalam pengembangan ilmu pengetahuan. "Kerjasama ini bukanlah kompetisi, tapi langkah konkret untuk saling mendukung dan memperkaya mutu pendidikan tinggi," ujar Prof. Dadan. Beliau juga menyarankan agar kegiatan ini perlu ditindaklanjuti secara teknis, seperti pertukaran mahasiswa, guna memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman akademik.

Kaprodi S2 Pendidikan Kimia UNY, Prof. Jaslin Ikhsan, M.AppSc., Ph.D. mengungkapkan bahwa program studi ini telah mengadopsi sistem pembelajaran luring dan daring. Seluruh perangkat pembelajaran telah disiapkan dan diunggah di Learning Management System (LMS) UNY sebelum perkuliahan dimulai. Mahasiswa dapat mengakses semua kegiatan pembelajaran, termasuk notifikasi kegiatan yang telah dilakukan. Prof. Jaslin juga menekankan pentingnya akreditasi, di mana setiap program studi didampingi asesor internal untuk finalisasi evaluasi diri dan dokumen. Dalam konteks ini, universitas memberikan dukungan dana yang signifikan.

Prof. Suyanta, dosen kimia UNY, menambahkan informasi bahwa Program S2 Pendidikan Kimia UNY telah berhasil mendatangkan mahasiswa asing yang mendapatkan beasiswa. Proses rekrutmen dilakukan dengan kreativitas tinggi, memanfaatkan jejaring akademik dosen-dosen dari luar negeri. UNY juga telah berlangganan Scopus, yang mempermudah dosen dan mahasiswa dalam mencari referensi dari jurnal internasional bereputasi.

Ketua Jurusan Kimia UNY menegaskan bahwa kunjungan ini merupakan awal dari serangkaian kegiatan yang perlu ditindaklanjuti dengan kerjasama dalam program publikasi bersama, pengembangan kurikulum, program joint validator, penelitian bersama, dan kolaborasi pengabdian kepada masyarakat. Dokumen kerjasama ini telah disiapkan untuk ditandatangani oleh Dekan FMIPA UNY dan Direktur Pascasarjana UNG, Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, M.P.

Wadir 2 Pascasarjana UNG, Prof. Weny J.A. Musa, menugaskan kepada Koorprodi S2 Pendidikan Kimia UNG untuk menindaklanjuti hasil studi ini dan segera menyusun dokumen kerjasama. Beliau berharap program ini dapat diimplementasikan pada tahun 2024. Secara akademik, Wadir 1, Prof. Hasim, menyambut baik kerjasama S2 Pendidikan Kimia dalam meningkatkan kualitas akademik di Pascasarjana UNG.

Agenda

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo

20 - 22 Maret 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Doktor Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor BAN-PT Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si (Universitas Padjadjaran) dan Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Universitas Sriwijaya)