Pusat Studi Peternakan Tropik Laksanakan Seminar Pengembangan Integrasi Jagung dan Sapi Potong di Kabupaten Boalemo

Oleh: Evan Trisno Tulie . 13 September 2023 . 20:08:45

Gorontalo - Rabu 13 September 2023 Pusat Studi Peternakan Tropik (PSPT) Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo melaksanakan seminar dengan tema Pengembangan Integrasi Tanaman Jagung dan Ternak Sapi Potong di Kabupaten Boalemo. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bapppeda Boalemo ini merupakan salah satu bentuk implementasi Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Asna Aneta, M.Si selaku Direktur PPs UNG bersama Srijun Tasman Dangkua, SP, MM selaku Kepala Bapppeda Kabupaten Boalemo.

Kegiatan seminar yang dihadiri oleh beberapa pimpinan OPD terkait dan Camat se-Kabupaten Boalemo dibuka secara resmi oleh Pejabat Sekretaris Daerah Boalemo Supandra Nur, ST. Kepala Bapppeda Boalemo menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPs UNG khususnya PSPT Program Studi Peternakan yang telah bekerja sama dengan Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapppeda Boalemo. Seminar awal ini merupakan kegiatan yang akan menjadi acuan pelaksanaan survei lapangan yang outputnya adalah dokumen kajian Pengembangan Integrasi Tanaman Jagung dan Ternak Sapi Potong.

Ketua PSPT Dr. Ir. Syamsul Bahri, MP, IPU yang juga sebagai Ketua Tim Pelaksana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Boalemo khususnya Bapppeda Boalemo yang telah memberi kepercayaan kepada PSPT untuk menyusun dokumen kajian Pengembangan Integrasi Tanaman Jagung dan Ternak Sapi Potong. Lebih lanjut disampaikan pula bahwa program ini menjadi jalan bagi tim dosen Program Studi Peternakan untuk mendapatkan program hibah dari Ditjen Diktiristek yaitu Platform Kedaireka yang membutuhkan dana pendamping (matcing fund).

Sebagai presenter yang mewakili tim pelaksana Dr. Ir. La Ode Sahara, S.Pt, M.Si, IPM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan simbiosis mutualisme antara pemda dengan kampus. Akademisi UNG diberi ruang untuk memberikan input konstruktif bagi percepatan pembangunan daerah di sektor pertanian, khususnya subsektor peternakan dan tanaman pangan. Di sisi lain, pemda secara tidak langsung mendukung peningkatan kinerja akademik kampus yang bisa berdampak baik pada akreditasi institusi dan program studi. Kondisi ini akan semakin menguatkan posisi UNG untuk terus menjadi daerah tujuan pendidikan di Kawasan Teluk Tomini dan sekitarnya.

Agenda

4 - 7 Juli 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor LAMDIK Prof. Dr. Dedy Achmad Kurniady, M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Ansar M.Si (Universitas Negeri Makassar) 4 s.d 7 Juli 2024

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo