PROGRAM STUDI PETERNAKAN PROGRAM PASCASARJANA JALIN KERJA SAMA DENGAN FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN

Oleh: Evan Trisno Tulie . 20 September 2023 . 20:05:11

Rabu 20 September 2023 Dosen dan mahasiswa Program Studi Peternakan pada Program Magister Universitas Negeri Gorontalo melaksanakan kunjungan ke Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Fapet Unhas), Makassar. Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Dr. Ir. La Ode Sahara, S.Pt, M.Si, IPM dan Dosen Pendamping Dr. Ir. Muhammad Sayuti M., S.Pt, M.Si, IPM. Rombongan diterima di Ruang Sidang Senat dan disambut langsung oleh Dekan Dr. Syahdar Baba, S.Pt, M.Si beserta jajaran Wakil Dekan. Hadir dalam pertemuan Prof. Dr. Ir. Ambo Ako, M.Sc, IPU selaku Ketua Program Magister dan Prof. Dr. drh. Ratmawati Malaka, M.Sc. selaku Ketua Program Doktor Fapet Unhas. Turut hadir pula Ketua Program Sarjana Dr. Ir. Renny Fatmyah Utamy, S.Pt, M.Agr, IPM.

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka benchmarking layanan akademik program studi peternakan pada program magister. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk pengembangan dan peningkatan kualitas akademik program studi. Beberapa informasi penting disampaikan oleh Profesor Ambo Ako, yaitu desain dan implementasi kurikulum, strategi penerimaan mahasiswa baru dan percepatan kelulusan mahasiswa, penulisan tesis dan publikasi di jurnal ilmiah, serta beberapa layanan lainnya yang menjadi input konstruktif untuk meningkatkan status akreditasi program studi.

Kegiatan dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo dan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin. Implementasi kerja sama dapat dilakukan di tingkat program studi pada program magister dan doktor. Upaya ini dilakukan untuk mengembangkan hubungan kerja sama dengan program studi sejenis di luar kampus. Turut dibahas rencana pembentukan simpul Program Studi Peternakan pada Program Pascasarjana yang dapat bernaung di bawah Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI).

Implementasi kerja sama langsung dilakukan dalam bentuk Kuliah Pakar di Bidang Reproduksi Ternak. Kuliah pakar dilaksanakan di Laboratorium Reproduksi Ternak dan dosen pakar yang menyampaikan materi, yaitu Prof. Dr. Ir. Muhammad Yusuf, S.Pt, IPU dan Prof. Dr. Ir. Abdul Latief Tolleng, M.Sc selaku Kepala Laboratorium. Profesor Muhammad Yusuf menyampaikan keberhasilan riset yang telah dilakukan dan perkembangan riset reproduksi ternak ke depan. Disampaikan pula implementasi teknologi reproduksi; Inseminasi Buatan (IB) yang kadang gagal karena faktor kekeliruan yang dilakukan oleh inseminator. Profesor Abdul Latief menyampaikan pengaruh pakan terhadap reproduksi ternak. Penambahan Daun Kelor dalam pakan ternak dengan komposisi tertentu berdampak positif terhadap peningkatan kualitas reproduksi; kesuburan, birahi, dan libido ternak.

Kegiatan lain dilakukan dalam bentuk Kuliah Umum di Auditorium Fapet Unhas. Pemateri kuliah umum adalah pakar Bioteknologi Reproduksi Hewan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Dr. Ir. Syahruddin Said, M.Agr.Sc, IPU, ASEAN.Eng. Tema materi yang disampaikan adalah The Sperm Roles atau Peran Sperma dalam reproduksi ternak, terutama sapi potong untuk mendukung Ketahanan Pangan Asal Hewan. Tema ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama yang ingin melakukan penelitian tesis tentang reproduksi ternak, khususnya implementasi teknologi IB pada ternak. Profesor Syahruddin Said juga menyampaikan posisi penting Sulawesi sebagai penyanggah pangan bagi Ibu Kota Negara baru di Kalimantan.

Sumber:

Dr. Ir. La Ode Sahara, S.Pt, M.Si, IPM

Dr. Ir. Muhammad Sayuti M., S.Pt, M.Si, IPM.

 

Agenda

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo

20 - 22 Maret 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Doktor Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor BAN-PT Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si (Universitas Padjadjaran) dan Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Universitas Sriwijaya)