PROGRAM STUDI PETERNAKAN PADA PROGRAM MAGISTER LAKSANAKAN UJIAN TESIS DAN LULUSKAN ALUMNI PERTAMA

Oleh: Evan Trisno Tulie . 6 Juni 2024 . 16:17:49

Gorontalo - Rabu 6 Juni 2024, Program Studi Peternakan pada Program Magister, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo melaksanakan Ujian Akhir bagi mahasiswa Angkatan Tahun 2022; Vivi Jayadiningsih Tayeb. Mahasiswa yang juga sementara mengemban tugas sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo ini berhasil mempertahankan tesisnya di hadapan tim penguji. Tesis yang berjudul “Analisis Peran Integrasi Tanaman Pangan dan Ternak Sapi Potong terhadap Pendapatan Peternak di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo” dibimbing oleh Dr. Ir. Syamsul Bahri, MP, IPU dan Dr. Ir. La Ode Sahara, S.Pt, M.Si, IPM dan bertindak sebagai penguji yaitu Dr. Ir. Muhammad Mukhtar, S.Pt, M.Agr dan Dr. Ir. Syahruddin, S.Pt, M.Si.

Vivi Jayadiningsih Tayeb menyatakan bahwa sapi potong merupakan komoditas unggulan peternakan Provinsi Gorontalo dengan populasi terbesar ada di Kabupaten Gorontalo. Pengembangan sapi potong dapat dilakukan melalui sistem integrasi tanaman pangan - ternak sapi potong (Crop - Livestock Integration System). Terdapat perbedaan yang signifikan antara pendapatan peternak yang menerapkan dan yang tidak menerapkan sistem integrasi. Pendapatan peternak yang menerapkan lebih besar dibanding yang tidak menerapkan sistem integrasi. Posisi strategi pengembangan sistem integrasi tanaman pangan dan ternak sapi potong di Kecamatan Tibawa berada pada Kuadran III SWOT, yaitu Strategi Turn Aroud. Strategi ini menekankan pada upaya memanfaatkan berbagai peluang dengan meminimalisasi berbagai kelemahan yang ada. Strategi yang dapat diimplementasikan, yaitu 1) pelatihan dan pengembangan keterampilan peternak, 2) penguatan jaringan kerjasama, dan 3) kemitraan dengan perguruan tinggi atau lembaga riset.

 

Agenda

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo

20 - 22 Maret 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Doktor Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor BAN-PT Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si (Universitas Padjadjaran) dan Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Universitas Sriwijaya)