Memperkuat Peran di Masyarakat, Program Studi S2 PPKn Pascasarjana UNG Melaksanakan Pengabdian Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa

Oleh: Evan Trisno Tulie . 25 Mei 2024 . 20:21:56

Sebagai bentuk komitmen terhadap Tri Dharma perguruan tinggi khususnya pengabdian pada masyarakat, Program Studi S2 PPKn Pascasarjana UNG melaksanakan pengabdian pada masyarakat kolaborasi dosen dan mahasiswa pada tanggal 25 Mei tahun 2024 bertempat di Kabupaten Pohuwato tepatnya di SMK Negeri 1 Popayato Timur, SMA Negeri 1 Popayato, SMK Negeri 1 Popayato, Desa Padengo Kecamatan Popayato Barat, dan Desa Torosiaje Kecamatan Popayato.

Adapun tema pengabdian tersebut yakni “PPKn Mengabdi untuk Pendidikan dan Kemanusiaan” dengan masing-masing materi yaitu Penguatan Kompetensi Sosial Ekonomi melalui Pemanfaatan Potensi Lokal dan Stabilitas Keamanan, Meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui pembelajaran berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK)” dan simulasi media Komedi Berbasis Game Learning pada pembelajaran melalui pengembangan model ASSURE, simulasi aplikasi  “Tesiapo” melalui pengembangan model 4-D dalam meningkatkan karakter siswa, dan dan pengembangan modul penguatan profil pelajar pancasila berbasis wawasan kebhinekaan global. Beberapa materi di atas merupakan diseminasi hasil penelitian tesis mahasiswa.

Selain penyajian materi, pada kegiatan tersebut dilaksanakan sosialisasi perekrutan mahasiswa baru program Pascasarjana UNG tahun akademik 2024-2025 kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Implementation of Agreement (IA) antara Prodi S2 PPKn bersama 5 instansi tempat kegiatan tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut selain mahasiswa S2 PPKn angkatan 2023 berjumlah 24 orang, dosen prodi, operator prodi juga dihadiri langsung oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik Pascasarjana UNG yakni Prof. Dr. Ir. Hasim, M.Si. Diakhir kegiatan Prof. Dr. Ir. Hasim, M.Si menyampaikan mengapresiasi kegiatan ini karena manfaatnya sangat besar bagi masyarakat. Koordinator Prodi S2 PPKn Dr. Rasid Yunus, S.Pd.,M.Pd pun menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini terus dilaksanakan oleh prodi sebagai komitmen terhadap Tri Dharma perguruan tinggi serta memperkuat peran-peran perguruan tinggi di masyarakat.

Agenda

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo

20 - 22 Maret 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Doktor Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor BAN-PT Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si (Universitas Padjadjaran) dan Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Universitas Sriwijaya)