Kuliah Kerja Lapangan di Desa Torosiaje

Oleh: Evan Trisno Tulie . 14 Mei 2024 . 16:46:14

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu kegiatan penting dalam pendidikan tinggi, khususnya dalam bidang geografi, yang bertujuan untuk mengaplikasikan teori dan konsep yang dipelajari di dalam kelas ke dalam situasi nyata di lapangan. Pada tanggal 10 hingga 13 Mei, mahasiswa dan dosen Program Studi S2 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Gorontalo melaksanakan KKL di Desa Torosiaje, Kabupaten Pohuwato.

Salah satu tujuan utama dari KKL ini adalah untuk mengimplementasikan keilmuan geografi di lapangan. Hal ini dilakukan melalui integrasi antara KKL dengan kegiatan penelitian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Kegiatan penelitian ini berfokus pada survei terkait kearifan lokal masyarakat terhadap mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan. Selain itu, terdapat juga kegiatan pengabdian masyarakat yang difokuskan pada edukasi mitigasi bencana.

Sasaran utama dari kegiatan ini adalah masyarakat Desa Torosiaje serta siswa-siswi SD dan SMP di desa tersebut. Lokasi kegiatan berlangsung di Desa Torosiaje selama 3 hari. Berbagai kegiatan dilakukan selama KKL, antara lain penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan kolaborasi ini melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat setempat. Bentuk kolaborasi yang dilakukan mencakup penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan dokumen kerjasama Implementasi Agreement (IA) antara Prodi S2 Pendidikan Geografi dengan Pemerintah setempat, yang dalam hal ini diwakili oleh Camat Popayato.

Melalui kegiatan KKL ini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang berharga dalam mengaplikasikan ilmu geografi secara nyata di masyarakat. Selain itu, kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan di Desa Torosiaje.

 

Agenda

4 - 7 Juli 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor LAMDIK Prof. Dr. Dedy Achmad Kurniady, M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Ansar M.Si (Universitas Negeri Makassar) 4 s.d 7 Juli 2024

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo