Damhil Law Journal Meningkatkan Atmosfer Akademik di Prodi Magister Hukum UNG

Oleh: Evan Trisno Tulie . 12 Januari 2024 . 21:33:27

PASCASARJANA UNG - Akselerasi dan transisi yang masif dilakukan oleh Koordinator Program Studi Magister Hukum UNG, Prof. Dr. Nur Mohamad Kasim, S.Ag., MH. Betapa tidak, belum genap sebulan setelah dilantik menjadi Koordinator Program Studi Magister Hukum UNG, Prof Nur kembali melakukan pengembangan akademik dalam fase transisi melalui pertemuan dengan pengelola Damhil Law Journal.

Sebagaimana diketahui, Damhil Law Journal menjadi salah satu jurnal yang dibentuk sebagai salah satu media publikasi ilmiah, selain Philosophia Law Review. Dalam pertemuan tersebut, akselerasi terkini yang dilakukan dalam pengembangan Damhil Law Journal salah satunya ialah penataan kembali Damhil Law Journal tidak hanya menjadi media publikasi ilmiah bagi mahasiswa Magister Hukum UNG namun juga bagi penulis dari luar Magister Hukum UNG.

ada 5 point penting dari hasil pertemuan yang dilaksanakan di RM. Pinos jumat 12/01/24 yaitu :

  1. Damhil Law Journal melakukan rescope dari bidang hukum perdata menjadi bidang keilmuan hukum namun tidak terbatas pada isu hukum kontemporer.
  2. Damhil Law Journal akan memperluas diversifikasi penulis dengan cara berkolaborasi dengan mitra sejawat dari universitas luar UNG. Adapun penulis yg merupakan mahasiswa tingkat akhir S2 hukum yg menerbitkan di Damhil Law Journal, akan dimaksimalkan upaya diversifikasinya dengan melalui networking.
  3. Damhil Law Journal akan menambah jumlah reviewer nasional dan internasional sesuai ruang lingkup.
  4. Memaksimalkan tupoksi pengelola jurnal sesuai potensi masing - masing
  5. Meningktkan kualitas tesis untuk menghasilkan luaran terstandar internasional.

Adanya penataan kembali ini dipersiapkan untuk mematangkan rencana dari Prof Nur untuk melakukan akreditasi jurnal untuk jurnal media publikasi di Program Studi Magister Hukum UNG, dengan target salah satu dari jurnal yang ada bisa memperoleh indeksasi Sinta. Langkah awal penataan yang dilakukan tersebut juga meliputi perbaikan komposisi pengelola Damhil Law Journal. Melalui berbagai langkah awal yang dilakukan oleh Prof Nur tersebut diharapkan melahirkan hasil yang semakin meneguhkan posisi  Program Studi Magister Hukum UNG yang Unggul dan berdaya saing.

 

Agenda

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo

20 - 22 Maret 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Doktor Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor BAN-PT Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si (Universitas Padjadjaran) dan Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Universitas Sriwijaya)