Bimbingan Teknis Aplikasi Surat Elektronik dari UPA TIK Universitas Negeri Gorontalo

Oleh: Evan Trisno Tulie . 6 Februari 2024 . 17:43:14

PASCASARJANA UNG -Selasa (6/02/2024) di Aula Lt. 2 Program Pascasarjana UNG, UPA TIK UNG melaksanakan Bimbingan Teknis Tata Persuratan Berbasis Aplikasi Surat Elektronik di Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Acara sosialisasi yang berlangsung di Program Pascasarjana UNG dihadiri oleh Direktur Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, M.P., Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswan Prof. Dr. Ir. Hasim, M.Si, Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Umum Prof. Dr. Dra. Weny J.A. Musa, M.Si beserta Koordinator Program Studi, Turut hadir pula jajaran Tenaga Kependidikan (Tendik) di Program Pascasajana. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teknis tentang pengajuan surat secara elektronik menggunakan aplikasi Manajemen Surat, yang dapat diakses melalui alamat http:/surat.ung.ac.id.

Pengelola database UPA TIK UNG Edi Johan Syah Djula, S.Kom, M.T menjelaskan bahwa untuk menggunakan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada aplikasi surat elektronik, semua pejabat di lingkungan UNG, termasuk dosen dan tenaga kependidikan, harus memiliki passphrase yang dapat diperoleh melalui Aplikasi Manajemen Sertifikat (AMS) Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE). TTE akan sangat membantu karena tidak mengenal jarak dan waktu. Penggunaan TTE mempunyai kekuatan hukum yang setara dengan tanda tangan basah. Adapun proses Pendaftaran akun TTE dan Penerbitan Sertifikat Elektronik membutuhkan beberapa item data yang akan diintegrasikan ke aplikasi Sistem Informasi Tata Usaha (SITU) UNG sehingga pejabat UNG wajib melengkapi data diri melalui situ.ung.ac.id. Untuk mengetahui daftar pejabat yang sudah memiliki TTE melalui link  https://s.ung.ac.id/tte-pejabat . 

Bimtek dilanjutkan dengan melakukan demo aplikasi surat dari role operator sampai role kepala departemen untuk penandatanganan surat menggunakan TTE. Edi Johan Syah Djula, S.Kom, M.T juga menjelaskan terkait tata naskah dinas yang harus dikuasai oleh operator yang akan membuat surat , agar klasifikasi suratnya tidak akan salah. Bimtek ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dan Tim UPA TIK.

Agenda

4 April 2024

Sidang Terbuka

Promosi Doktor Bidang Linguistik Terapan a.n Dewi Dama

4 April 2024

Workshop

Webinar Nasional dengan Tema Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Menuju Kemandirian Finansial dan Pembangunan Berkelanjutan

25 - 28 Maret 2024

Evaluasi Lapangan

Dalam Rangka Usulan Pembukaan Program Studi Ekonomi Program Doktor Pada Universitas Negeri Gorontalo

20 - 22 Maret 2024

Asesmen Lapangan

Akreditasi Program Doktor Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Oleh Tim Asesor BAN-PT Dr. R. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si (Universitas Padjadjaran) dan Prof. Dr. Kiagus Muhammad Sobri, M.Si (Universitas Sriwijaya)