S3 I. Pend

PROGRAM STUDI S3 ILMU PENDIDIKAN

A. VISI

Visi Program Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana UNG pada Tahun 2020 adalah mewujudkan prodi S3 Ilmu Pendidikan sebagai pusat inovasi pendidikan dan keunggulan sumberdaya manusia yang berbasis IPTEKS dan budaya di kawasan Timur Indonesia.

 

B. MISI

  1. Mengembangkan wawasan dan keilmuan teori, dan praktek pendidikan secara komprehensif dan terintegrasi pada aspek pengetahuan, teknologi dan atau budaya melalui riset, karya kreatif untuk menjadikan lulusannya sebagai ilmuan, peneliti, praktisi, dan pakar pendidikan;
  2. Memecahkan permasalahan dalam system pendidikan nasional, kawasan regional maupun lokal melalui pendekatan inter dan multidisipliner;
  3. Mengembangkan riset di bidang pendidikan dan kependidikan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya bagi kemaslahatan umat manusia, serta mendapatkan pengakuan ditingkat nasional maupun internasional;
  4. Mendorong pengembangan berbagai percabangan berbagai percabangan ilmu kependidikan dengan mengacu kepada kaidah keilmuan Ilmu Pendidikan;
  5. Menyebarluaskan hasil riset dan kajian keilmuan ilmu pendidikan secara komprehensif untuk diaplikasikan dalam praktek pendidikan dan kependidikan di lembaga pendidikan formal maupun non formal;
  6. Meningkatan kemampuan dalam mengembangkan system nilai budaya bangsa sebagai dasar penyusunan paradigma dalam pembangunan pendidikan nasional;
  7. Meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan inovasi dan pembudayaan ilmu pendidikan pada semua jenjang pendidikan;
  8. Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan melalui proses pemberdayaan dan pembudayaan pendidikan.

C. TUJUAN

Program Doktor Ilmu Pendidikan memiliki tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan keilmuan teori dan praktik pendidikan secara komprehensif;
  2. Menghasilkan lulusan sebagai ilmuan, peneliti, praktisi, dan pakar pendidikan;
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu memecahkan permasalahan dalam system pendidikan nasional, kawasan regional maupun lokal melalui pendekatan inter dan multidisipliner;
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan riset di bidang pendidikan dan kependidikan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya bagi kemaslahatan umat manusia;
  5. Menghasilkan lulusan sebagai pengembang berbagai percabangan ilmu kependidikan dengan mengacu kepada kaidah keilmuan Ilmu Pendidikan;
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan hasil riset dan kajian keilmuan ilmu pendidikan dalam praktek pendidikan dan kependidikan di lembaga pendidikan formal maupun non formal;
  7. Menghasilakn lulusan yang mampu menggali dan megembangkan system nilai buadaya bangsa sebagai dasar penyusunan paradigma dalam pembangunan pendidikan nasional;
  8. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan inovasi dan pembudayaan ilmu pendidikan pada semua jenjang pendidikan.

D. STRUKTUR KURIKULUM

Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan terbagi atas 2 komponen yaitu : 1) Kurikulum Institusional, 2) Kurikulum Inti. Mata kuliah untuk kurikulum institusional (8 SKS), kurikulum Inti (14 sks), mata kuliah penyelesaian Tugas Akhir/Disertasi (26 sks). Sehingga total sks yang harus dtempuh adalah 48 sks. Bagi calon mahasiswa yang tidak sebidang (non kependidikan) diberikan mata kuliah pre-requisite 6 sks yang berhubungan dengan pendalaman kajian ilmu pendidikan sehingga total sks yang harus ditempuh oleh mereka yang berasal dari non kependidikan adalah 54 sks.

a. Kurikulum Institusional (8 SKS)

  1. Filsafat Ilmu Pendidikan Lanjut (2 SKS)
  2. Metodologi Penelitian Pendidikan Lanjut (3 SKS)
  3. Statistik Penelitian Lanjut (3 SKS)

b. Kurikulum Inti (40-46 SKS)

  1. Isu –isu kritis dalam pendidikan (3 SKS)
  2. Teori dan konstruksi Ilmu Pendidikan (3 SKS)
  3. Landasan Ilmu Pendidikan (3 SKS*)
  4. Psikologi Pendidikan (3 SKS*)
  5. Perencanaan strategi pendidikan (3 SKS)
  6. Kepemimpinan pendidikan (3 SKS)
  7. Evaluasi Kebijakan Pendidikan (3 SKS)
  8. Disertasi (26 SKS)

Keterangan:*Mata Kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari S2 non kependidikan

E. STAF PENGAJAR

  1. Prof. Dr.Abdul Haris Panai, M.Pd
  2. Prof. Dr.H. Yoseph Paramata, M.Pd
  3. Prof. Dr. Nurhayati Abas, M.Pd
  4. Prof. Dr. Sarson W.DJ.Pomalato, M.Pd
  5. Prof. Dr. Evi P. Hulukati, M.Pd
  6. Prof. Dr. Ruslin W. Badu, M.Pd
  7. Prof. Dr. Yulianto Kadji, M.Si
  8. Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd
  9. Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd
  10. Prof. Dr. Hamzah B. Uno
  11. Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc
  12. Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd.,Kons

F. BIAYA PENDIDIKAN

Pendaftaran Rp. 500.000
Registrasi /Semester Rp. 500.000
SPP/ Semester Rp. 8.500.000
Dana Pembangunan Universitas (DPU) Rp. 1.750.000
Dana Pengembangan Program Studi (DPPS) Rp. 2.250.000

 

G. WAKTU PENDAFTARAN

Gelombang I : Mei s.d. Juli setiap tahun

Gelombang II: November s.d Januari setiap tahun

H. PIMPINAN

Direktur : Prof. Dr. H. Sarson W. Dj. Pomalato, M.Pd
Wakil Direktur I : Prof. Dr. Yulianto Kaji, M.Si.
Wakil Direktur II : Prof. Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd.
Ketua Program Studi : Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd.,Kons

 

TEMPAT PENDAFTARAN

Gedung Pascasarjana

Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jend Sudirman No. 6

Telp. (0435) 831984

Fax (0435) 827690

INFORMASI LENGKAP HUBUNGI:

Operator Prodi, Lukman Samatowa, S.Si.

0852 9801 5318

Email: lukman.samatowa@gmail.com

Agenda

5 - 6 Oktober 2018

Asesment Lapangan Prodi S3 IPA

Asesment Lapangan Prodi S3 IPA

11 - 14 September 2018

Asesment Lapangan Prodi S3 Ilmu Pendidikan

Asesment Lapangan Prodi S3 Ilmu Pendidikan

4 - 5 September 2018

Ujian Tes Potensi Akademik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Ujian Tes Potensi Akademik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

20 - 21 Agustus 2018

Asesment Lapangan Prodi S3 Ilmu Administrasi

Asesment Lapangan Prodi S3 Ilmu Administrasi